Minggu, 11 Juni 2017

Peluang Usaha Sambilan yang Bikin Kerasan

Bisnis sampingan bagi seorang pegawai penting untuk dilakukan lewat pelatihan wirausaha kuliner. Apalagi bagi pegawai yang tidak memiliki tunjangan hari tua pasca pensiun. Bisnis sampingan ini bisa membantu finansial keluarga anda dari kebutuhan hidup yang terus bertambah. Lantas timbul pertanyaan apa saja yang harus kita lakukan dan bagaimana caranya ?

Belajar bisnis sampingan pada masa kini sebenarnya amatlah mudah. Apalagi di toko buku banyak terpajang judul-judul buku yang membahas tentang bisnis sampingan. Belum lagi ditambah dengan materi-materi dari internet yang juga banyak memberikan cara-cara instan bagi seorang pegawai untuk memulai bisnis sampingan. Asal ada kemauan, niat, dan usaha Insya Allah kita dimudahkan dalam menjalankan bisnis sampingan.



Seperti yang dialami oleh Suradal SH, (54 tahun) yang saat ini menggeluti bisnis sampingan sembari membagi waktunya untuk menjadi pegawai. Suradal adalah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Disperindag Kabupaten Batang Jawa Tengah dan telah mengabdi di institusi tersebut selama puluhan tahun. Ia memulai bisnis sampingannya dengan beternak kambing potong dan hingga saat ini ia telah memiliki peternakan sapi sebagai pengembangan dari bisnisnya tersebut.

Bisnis ternaknya itu berawal saat dia berusia 35 tahun, Suradal yang hobi beternak ini membeli 1 ekor kambing yang kemudian ia pelihara di belakang rumahnya untuk  menyalurkan hobinya. Lambat laun kambing yang dipelihara terus berkembang dan berhasil. Dia pun menambah ternaknya dari sisa gajinya, dan sampai berkembang saat itu sebanyak 50 ekor.

Dari 50 ekor inilah Suradal yang sering terjun ke pasar hewan (tempat jual beli ternak) memberanikan diri untuk terjun di bwiidang penggemukan sapi potong.  Dia melihat peluang besar bidang ini dimana kebutuhan daging sapi yang terus bertambah di wilayah Batang dan Pekalongan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar